Arrryanggaputra

Just a funny boy who love to write code, make experiments, build webs, and try to going to space.

Mudah Buat Aplikasi Windows & Windows Phone dengan Windows App Studio



Windows app studio merupakan fitur yang menarik dan memudahkan bagi para pecinta teknologi di berbagai kalangan yang cukup kesulitan dalam membangun aplikasi berbasis di Windows maupun Windows8. Windows app studio merupakan aplikasi yang berbasis pada website yang diperuntukan untuk pembuatan aplikasi, no code ya.

Pada Windows app studio , kita juga dapat mendownload source code apabila kita ingin customisasi apps menggunakan Microsoft Visual Studio. Tapi di bagian ini saya tidak menjelaskan hal itu, namun saya akan menjelaskan seputar fitur yang dimiliki oleh Windows app studio.

Get Started


kalian bisa langsung kunjungi alamat berikut :


pada halaman awal anda akan disuguhi oleh beberapa video singkat tentang salah satu aplikasi yang telah dibuat menggunakan Windows app studio, dan video cara menggunakan Windows app studio.


Your App in 4 Steps


dalam menggunakan Windows app studio, hanya di perlukan 4 langkah mudah, dan applikasi anda akan siap di publikasian di Windows Store. Apa saja 4 langkah tersebut? Berikut penjelasannya ...

1. Have an Idea

Hal yang paling utama adalah memiliki sebuah Ide, tanpa ide apa yang ingin anda buat? So, you must have an Idea. Ide yang ada miliki dapat langsung anda implementasikan di Windows app studio, anda dapat memilih template aplikasi yang sudah disediakan oleh Windows app studio seperti My City, Catalog, Movie Review, dll. Dengan memilih sebuah template ada hanya memulai membuat app yang sudah digenerate oleh Windows app studio, dan anda tetap dapat merubah isi content layout, dan bahkan section tambahan yang anda inginkan. 

Namun anda juga diberi kebebasan untuk berkreasi sesuka anda dengan memilih Empty App, pada Empty App anda akan membagun aplikasi pada Windows app studio mulai dari 0 (blank app), dari mulai membuat layout, section, hingga data yang akan digunakan.

2. Add Content


A Data Source is simply the content that you want to display in each section of your app – YouTube videos from your favorite channel, your store’s inventory, images from your Flickr account, etc. Data Sources are displayed in your app through Sections. Every Section you create is connected to a Data Source.

Content pada Windows app studio dinamakan data source,  data source ditampilkan melalui sebuah section, dan setiap section yang telah kita buat akan saling berhubungan dengan data source. Ada beberapa varian data source  yang ada pada Windows app studio :

  1. RSS - apabila anda memiliki sebuah website/blog, dan memiliki fitur RSS , anda dapat secara langsung menambahkan alamat RSS ke dalam data source. RSS akan digenerate menjadi content pada sebuh secrtion di dalam app.
  2. HTML - anda dapat memasukkan code HTML static kedalam section applikasi anda.
  3. Youtube - jika anda memiliki youtube channel, 
  4. Flickr - anda dapat menambahkan foto gallery dari flickr account anda dengan data source ini
  5. Bing - Daftar berita yang ada di Bing
  6. Facebook - list dari feed yang ada miliki pada Facebook Page

3. Choose Style

Choose color palettes and generate live tiles, splash screens, and lock screens from your content.
Dibagian ini anda dapat memilih palet warna, membuat splash screen dan lock screen dari aplikasi anda. 
  1. Style - Mengganti warna dari text dalam aplikasi anda, background warna, Foreground, anda menggunakan background dengan gambar yang anda miliki
  2. Tiles - gambar yang disajikan sebagai icon, startScreen dll
  3. Splash & Lock - Gambar yang akan tampil di splash screen dan lock screen

4. Finish & Use it

akan kami tuliskan di post selanjutnya bagaimana cara mempublish aplikasi kamu yang ada di appstudio agar masuk ke dalam windows store



cheers

Baca juga:

Tags:

0 komentar



Emoticon